Detail Artikel

Temporibus autem quibusdam




...

Ada masanya ketika sebagian besar jenis pakaian harus dicuci dengan tangan. Untung saja masa itu sudah berlalu! Mesin cuci zaman sekarang sudah modern dan memiliki berbagai pilihan pengaturan dan opsi yang canggih, serta dapat mencuci segala jenis bahan maupun pakaian selama Ibu berhati-hati dan cermat mengikuti instruksi pada manual. Berikut ini adalah panduan praktis yang telah kami susun untuk membantu Ibu memaksimalkan penggunaan mesin cuci di rumah—kami juga memberikan beberapa tips bermanfaat ketika mencuci pakaian dengan tangan. 

Kapan Ibu Tidak Perlu Mencuci dengan Tangan dan Dapat Menggunakan Mesin Cuci?

 Berikut ini beberapa jenis pencucian yang tidak perlu Ibu lakukan dengan tangan dan dapat dikerjakan oleh hampir semua mesin cuci modern:

  • Mencuci bahan halus seperti sutra, satin, dan renda
  • Mencuci wol dan jenis serat yang mudah mengerut
  • Mengatasi pakaian luntur
  • Mengatasi noda membandel
  • Membersihkan boneka kain
  • Mencuci sepatu

Sebelum mencuci apa pun di dalam mesin cuci, termasuk pakaian berbahan halus, boneka kain, atau sepatu, cek label perawatannya terlebih dulu untuk mengetahui instruksi dan saran pencucian. 

Tips Cuci Baju untuk Jenis Pakaian yang Harus Dicuci dengan Tangan

 Begitu Ibu sudah memastikan bahwa pakaian dapat dicuci dengan mesin cuci, ada beberapa hal yang perlu Ibu ingat. Baca lebih lanjut artikel-artikel kami yang secara khusus membahas bagaimana mencuci jenis bahan tertentu, seperti sutra atau wol. Pada umumnya, jika menggunakan mesin cuci untuk mencuci pakaian berbahan halus, ada beberapa hal yang perlu Ibu ingat:

  • Basahi dan lakukan perawatan pada noda sebelum melakukan pencucian. Noda yang mengering setelah proses pencucian lebih sulit untuk dihilangkan.
  • Cuci pakaian yang memiliki warna senada bersama-sama untuk menghindari luntur warna.
  • Gunakan deterjen atau perawatan yang tepat—ada beberapa deterjen khusus untuk wol atau bahan halus, atau untuk mengatasi pakaian yang luntur.
  • Pilih siklus pencucian yang tepat pada mesin Ibu. Mesin cuci yang sudah sepenuhnya otomatis memiliki setting siklus lembut, atau setting lain yang tepat untuk pakaian.
  • Pilih suhu dingin.
  • Letakkan barang-barang di dalam kantong jaring-jaring atau sarung bantal untuk melindungi barang-barang tersebut.
  • Gunakan siklus putaran yang lembut, atau peras air dari pakaian dengan cara meremas, bukan memelintir, dan dengan bantuan handuk.

Pakaian wajib ‘dry clean’– seperti kulit, suede, atau beludru jangan dimasukkan ke dalam mesin cuci. Besar kemungkinan pakaian tersebut akan rusak kalau dicuci di dalam mesin cuci dan harus dibawa ke penatu yang khusus menangani dry cleaning. 

Cara Mencuci Pakaian dengan Tangan 

 Ada beberapa jenis barang yang sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam mesin cuci, dan ada beberapa jenis barang lainnya yang pasti lebih aman kalau dicuci dengan tangan. Jangan lupa untuk memakai sarung tangan karet sebelum mengikuti langkah-langkah mencuci pakaian dengan tangan berikut ini:

  1. Isi satu ember besar dengan air dingin (air hangat atau panas dapat merusak pakaian berbahan halus).
  2. Tambahkan deterjen khusus untuk mencuci dengan tangan (baca instruksi pada label untuk mengetahui berapa banyak deterjen yang diperlukan).
  3. Masukkan pakaian dan rendam selama beberapa saat.
  4. Kucek pakaian secara lembut.
  5. Kosongkan ember dan bilas pakaian dalam air bersih yang dingin.
  6. Ulangi hingga semua busa telah hilang.
  7. Peras air pada baju dengan cara mengguling-gulingkan pakaian di antara handuk bersih.
  8. Keringkan di permukaan yang rata atau di tali jemuran, tergantung jenis bahannya.

 Apakah mesin cuci Ibu memiliki pengaturan pencucian dengan tangan (handwash)? Jenis bahan atau pakaian seperti apa yang Ibu lebih suka cuci dengan tangan? Beritahu kami di kotak komentar di bawah ini. 

Sumber : https://www.rinso.com/id/mencuci/tips-mencuci/petunjuk-mencuci/cuci-baju-dengan-tangan-dan-bagaimana-cara-menghindarinya.html